Masyarakat Paham Penangananan Narkoba Ideal, Kebijakan dan Implementasi Akan Selaras

kukuh_ariwibowo

10 years ago

post-19
post-19

Pemahaman masyarakat mengenai aspek penanggulangan narkoba dan penanganan terhadap korbannya dirasa merupakan hal yang penting. Mengerti tentang itu akan menjadikan selarasnya antara kebijakan dan implementasi.

Hal tersebut diutarakan General Manager Yayasan Mitra Kencana Cendikia, Astrid Sesi Utama, selaku pembicara kegiatan Pemberdayaan Lingkungan Masyarakat dalam P4GN bersama warga Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, dan Badan Narkotika Nasional (BNN), Sabtu (19/7).

“Disinilah melalui bentuk kegiatan seperti ini kami memberikan penjelasan seperti apa penanganan yang tepat kepada pengguna dan pecandu narkoba,” jelasnya.

Selama ini Astrid menilai, masyarakat masih banyak yang belum mengetahui pola penanganan pengguna dan pecandu narkoba. Akibatnya, sambungnya, para korban narkoba masih banyak dianggap pelaku kejahatan dan dilaporkan ke polisi agar dipenjarakan.

“Bahkan ada yang didiamkan saja atau diasingkan sampai akhirnya tewas,” tandas Astrid.

Bila ada masyarakat yang sudah memahami melalui media, itu juga belum secara rinci dan mendalam bagaimana pelaksanaan mekanismenya, katanya. Dengan ditambah kegiatan serupa ini, tujuan yang diinginkan adalah sekarang masyarakat sudah mengetahui dan dapat merealisasikannya.

“Masyarakat benar-benar paham membasmi narkoba dan menyikapi para korbannya,” imbuh Astrid.

Atas dasar itu pula baginya, peranan BNN dalam menyampaikan tentang langkah penanganan pengguna dan pecandu narkoba dibutuhkan. Astrid mengungkapkan, setelah masyarakat mendapat pembekalan dari BNN, dapat menjelaskan kepada yang lainnya sehingga secara luas diketahui.

Sedangkan Kasubdit Lingkungan Kerja dan Masyarakat BNN Dik Dik Kusnadi menyatakan, kepedulian masyarakat terhadap bahaya narkoba merupakan benteng menangkal penyalahgunaan narkoba. Disini, tukasnya, BNN adalah sahabat masyarakat yang setiap saat siap bermitra memerangi narkoba.    

 

Komentar Anda

Belum ada Komentar

Login untuk mengirim komentar, atau Daftar untuk membuat akun, gratis dan proses nya hanya 2 menit.