Elemen Masyarakat Harus Dilibatkan Tangani Narkoba

kukuh_ariwibowo

10 years ago

post-19
post-19

Peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang semakin memprihatinkan di bangsa ini menuntut keterlibatan seluruh elemen masyarakat untuk menanggulanginya. Tanggung jawab ikut memerangi narkoba bukan hanya tugas pemerintah, khususnya aparat berwenang, tetapi merupakan bagian masyarakat juga.

 

Guna mewujudkan masyarakat yang peduli terhadap narkoba, puluhan masyarakat dari Kelurahan Gandaria, Jakarta Selatan, mendapatkan penjelasan mengenai modus kejahatan dan penyalahgunaan barang berbahaya tersebut, di Cikeas, Jawa Barat, Minggu (24/8). Kegiatan yang bertajuk Pemberdayaan Lingkungan Masyarakat dalam P4GN ini diprakarsai oleh LSM Jayasakti dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Saat ini narkoba sudah sangat mudah menyusup ke tiap lingkungan pemukiman,” terang Sukijan, salah seorang tokoh masyarakat Kelurahan Gandaria.

Kondisi demikian terjadi karena, sambungnya, kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pengenalan jenis narkoba. Ditambah lagi, masyarakat juga belum sepenuhnya paham ciri peredaran dan penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oknum masyarakat.

“Maka saya merasa acara seperti ini penting karena membuat kita sadar bahwa narkoba mengancam setiap saat,” imbuhnya.

Dirinya menegaskan, nantinya mencoba berkoordinasi dengan pengurus lingkungan setempat untuk meningkatkan pengawasan terhadap adanya penyalahgunaan narkoba. Bahkan bila disetujui, lanjutnya, membentuk pengamanan khusus yang memantau narkoba.

“Jadi perlu metode baru dalam aturan lingkungan, terutama penduduk baru, untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba,” papar Sukijan.

Sedangkan Ketua Umum LSM Jayasakti Nano Sukatno mengungkapkan, masyarakat harus kuat dalam membentengi lingkungannya dari narkoba. Langkahnya berupa menciptakan keluarga yang harmonis dan menumbuhkan kepedulian, tuturnya.

Senada dengan Nano, Kasubdit Lingkungan Kerja dan Masyarakat BNN Dik Dik Kusnadi megungkapkan, Indonesia sekarang bukan lagi bangsa persinggahan narkoba, tetapi telah menjadi penghasil. Rasa acuh masyarakat selama ini, lanjutnya, menjadikan situasi itu.

 

“Oleh karenanya saya mengajak bersama-sama melawan narkoba, BNN adalah mitra dan sahabat masyarakat,” tandas Dik Dik.  (rilis/has)

Komentar Anda

Belum ada Komentar

Login untuk mengirim komentar, atau Daftar untuk membuat akun, gratis dan proses nya hanya 2 menit.