BNNP PAPUA : CEGAH NARKOBA DARI USIA DINI

kukuh_ariwibowo

10 years ago

post-19
post-19

Jayapura – (22/11) Peran serta masyarakat merupakan salah satu pilar penting dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN). Semakin masyarakat memiliki kesadaran dan kemauan untuk menolak narkoba, maka mereka akan semakin imun dengan bahaya penyalahgunaan narkoba. Sebagai langkah pencegahan dan untuk menggugah kesadaran masyarakat akan bahaya penyalahgunaan narkoba di Keluarahan Gurabesi Jayapura digelar Pemutaran Film dan Penyuluhan Dampak Penyalahgunaan Narkoba yang dipusatkan di RW 6 RT 5 Cloofkamp kerjasama BNNP Papua dan Mahasiswa Praktik Sosial Program Ilmu Keejahteraan Sosial Universitas Cendrawasih.

Roberto Koibur selaku Ketua Kelompok Kegiatan mengungkapkan bahwa Gurabesi dipilih karena merupakan salah satu Kelurahan yang padat penduduk yang beraneka ragam sosial budaya dan banyak rumah sewa ang sangat rawan terjadinya masalah- masalah sosial. Berdasarkan hasil wawancara dengan masyarakat dan analisis mereka sudah ada indikasi penyalahgunaan narkoba oleh karena itu pihaknya menginisiasi kegiatan ini. Sasaran kegiatan ini utamanya adalah anak –anak dan para ibu. Upaya pencegahan berbasis keluarga kami harapkan dapat efektif karena anak secara emosional lebih dekat dengan ibuya sehingga diharapkan ada keterbukaan bila terjadi masalah, sehingga anak tidak sampai terjerumus dalam masalaha narkoba.

Sementara itu fasilitator dari BNNP Papua Sasmito Hermawan, S.Kep., Ners., M.Kes mengungkapkan untuk mensukseskan program P4GN khususnya di Prov. Papua ada banyak strategi dan metode yang kami pakai sesuai dengan sasaran dan output yang ingin kita capai. Khusus untuk anak – anak seperti pada kesempatan ini metode yang kami gunakan adalah film karena dengan tampilan audiovisual yang menarik akan cederung lebih mudah diterima dan diingat oleh anak – anak dibandingkan metode presentasi slide. Setelahnya baru kita minta feedback dan tanya jawab singkat.

Sasmito mengungkapkan bahwa untuk mempengaruhi pengetahuan, sikap dan perilaku seseorang untuk senantiasa berpola hidup sehat dan menjauhi narkoba memang tidak semudah membalikkan telapak tangana diperlukan waktu dan prores yang panjang. Pendidikan dan pencegahan dari usia ini diharapkan dapat membentuk sikap dan karakter yang unggul sehingga dapat membentengi anak dari narkoba. Anak-anak ini rata –rata kan masih usia 6-9 tahun dimana biasanya mereka masih belajar melalui pengalaman.  Cenderung tidak memiliki pemahaman akan hal hal yang akan terjadi kelak.Oleh karena itu anak memerlukan peraturan –peraturan yang dapat membimbing perilakunya dan informasi agar dapat mengambil keputusan dngan baik dan benar. Oleh karena itulah kami menganggap kegiatan saat ini sangat tepat untuk dilakukan agar anak – anak kita memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang narkoba dan terampil menolaknya.

Komentar Anda

Belum ada Komentar

Login untuk mengirim komentar, atau Daftar untuk membuat akun, gratis dan proses nya hanya 2 menit.