MELALUI ASBN WUJUDKAN SEKOLAH JUARA, SEHAT DAN BERPRESTASI

dedihumas bnn

9 years ago

post-19
post-19

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat melalui Bidang Pemberdayaan Masyarakat menggelar Sosialisasi dan Pencanangan Lomba Aksi Sekolah Bersih Narkoba (ASBN) di wilayah IV-A Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Provinsi Jawa Barat, dengan menghadirkan peserta dari unsur Dinas Pendidikan, Sekolah, BNNK, dan BNK,bertempat di Resto Puri Tasikmalaya, pada Senin (23/03/2015).

BNN Provinsi Jawa Barat menetapkan 54 SLTA sebagai Pilot Project ASBN tingkat Jawa Barat, sementara untuk wilayah IV-A BKPP Provinsi Jawa Barat sebanyak 10 SLTA terdiri atas SMAN 5 Tasikmalaya, SMAN 8 Tasikmalaya, SMA1 Muhammadiyah Tasikmalaya, SMA Cineam Tasikmalaya, SMAN 1 Ciamis, SMAN 3 Ciamis, SMAN 1 Banjar, SMAN 3 Banjar, SMAN 1 Pangandaran, dan SMAN 1 Parigi, dimana nama peserta dimaksud merupakan hasil seleksi Dinas Pendidikan di daerahnya masing-masing.        

Kegiatan Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial BKPP Wilayah IV,             Tito Suharwanto, S.Pd., S.IP., yang didampingi oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Jawa Barat, Drs. Anas Saepudin,dan Pencangan ASBN selanjutnya diresmikan oleh Kepala BNN Provinsi Jawa Barat, Brigjen Pol. Drs. Anang Pratanto.

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial BKPP Wilayah IV, Tito Suharwanto, S.Pd., S.IP., menyampaikan apresiasi kepada BNN Provinsi Jawa Barat “kami sangat mengapresiasi gagasan BNN menggelar lomba ASBN tingkat Jawa Barat, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi sekolah lain untuk menciptakan sekolah bersih narkoba yang tentunya dapat mewujudkan sekolah juara, sehat dan berprestasi.” Tutur Tito.

Berdasarkan jurnal data Pencegahan edisi tahun 2013, prevalensi penyalahguna narkoba di Indonesia untuk tingkat SLTA mencapai 6.666 siswa, dengan rincian siswa sekitar 6.247 (94%) dan siswi sekitar 419 (6%). Dari hasil penelitian itu disimpulkan bahwa pelajar penyalahguna narkoba dii Indonesia rata-rata kelas lebih rendah, tingkat absesi dan tinggal kelas lebih tinggi, aktifitas terganggu (mudah sedih, malas sekolah, sulit tidur, prestasi menurun, cemas berlebihan), perilaku agresif (berkelahi, mencuri, merusak barang), bermasalah dengan polisi dan guru”. Tambah Tito.

Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah melakukan upaya pencegahan dini dikalangan pelajar, sehingga terbentuk pelajar di Jawa Barat khususnya yang terbebas dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba” Pungkas Tito.

Selanjutnya teknis Lomba ASBN disampaikan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Jawa Barat, Drs. Anas Saepudin, “ASBN adalah suatu program yang berisi serangkaian kegiatan yang ditujukan pada terciptanya kondisi lingkungan sekolah yang terbebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. serangkaian kegiatan dimaksud menggambarkan upaya sekolah dalam mewujudkan lingkungan sekolah bersih narkoba yang melibatkan seluruh komponen di sekolah” Tutur Anas.

Anas menambahkan “Lomba ASBN adalah kegiatan yang memperlombakan sekolah tingkat SMA/SMK se-Jawa Barat dalam upaya mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba”.

Adapun lomba ASBN di wilayah Provinsi Jawa Barat dimulai bulan Maret sampai dengan Oktober 2015, dengan tema “Menuju Sekolah Juara, Sehat dan Berprestasi” dimana kegiatan ini akan mendapat pendampingan dari unsur BNNK dan Dinas Pendidikan di masing-masing sekolah yang telah dicanangkan yang tentunya dengan berbagai tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan oleh panitia”. Pungkas Anas.

 

Komentar Anda

Belum ada Komentar

Login untuk mengirim komentar, atau Daftar untuk membuat akun, gratis dan proses nya hanya 2 menit.