PENYULUHAN BAGIAN DARI AKSI SEKOLAH BERSIH NARKOBA

dedihumas bnn

9 years ago

post-19
post-19

BNNK CIAMIS,- Aksi Sekolah Bersih Narkoba (ASBN) adalah suatu program yang berisi serangkaian kegiatan yang ditujukan pada terciptanya kondisi lingkungan sekolah yang terbebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Serangkaian kegiatan dimaksud menggambarkan upaya sekolah dalam mewujudkan lingkungan sekolah bersih narkoba yang melibatkan seluruh komponen di sekolah.

Untuk mendukung kegiatan dimaksud, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis menggelar Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba bekerjasama dengan pihak sekolah yang sudah dicanangkan mengikuti program ASBN, yaitu SMAN 3 Ciamis, pada hari Selasa (31/03/2015) dan SMAN 1 Ciamis, pada hari Rabu (01/04/2015).   

SMAN 3 Ciamis dan SMAN 1 Ciamis inilah yang akan mewakili Kabupaten Ciamis mengikuti Lomba ASBN di Tingkat Provinsi Jawa Barat, dimana sekolah tersebut sudah mendapat ketetapan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis sesuai kriteria yang diminta oleh BNN Provinsi Jawa Barat.

Penyuluhan bahaya narkoba ini dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Pencegahan, Deny Setiawan, S.Sos. MM. yang didampingi dengan narasumber lainnya. Dalam paparannya Deny menuturkan bahwa “penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah dipandang perlu untuk sampaikan, karena menurut laporan dan data yang ada menunjukan telah terjadinya penyalahgunaan narkoba dari usia anak sekolah. Hal ini memperlihatkan bahwa penyalahgunaan narkoba bisa terjadi pada siapapun, karena tidak memandang usia”.

Dengan berbagai alasan mengapa penyalahgunaan itu terjadi, salah satunya sebagai akibat pengaruh lingkungan yang kurang baik, lingkungan keluarga ataupun lingkungan sekitar tempat si anak bermain, bersosialisasi dengan yang lainnya. Oleh sebab itu peran orang tua dan guru sangatlah penting dalam mengawasi tingkah laku anak baik di rumah maupun di sekolah”. Tambah Deny.

Dalam upaya membentengi anak dari pengaruh jahat narkoba, harus ditanamkan nilai-nilai normatif sejak dini sehingga dapat menentukan mana yang salah dan mana yang benar, sehingga pada akhirnya anak memiliki tanggungjawab sendiri dalam membentengi dari hal-hal negatif”. Pungkas Deny.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari pihak sekolah sebagaimana disampaikan oleh Kepala SMAN 1 Ciamis, Drs. Wawan Heryawan, S.Pd., M.Pd. “kesempatan baik ini sangat berguna untuk memberi pengetahuan dan informasi tentang narkoba dan bahayanya serta dampak lain yang ditimbulkannya kepada anak didik, dan berharap peserta bisa menyebarluaskan informasi tentang bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba kepada lingkungan sekitarnya termasuk keluarganya, sebagai upaya pencegahan dini, dengan harapan SMAN 1 Ciamis bersih dari narkoba”. ungkap Wawan.

Hal senada disampaikan oleh Wakasek Kesiswaan SMAN 3 Ciamis, Dani Andrian, S.Pd. menuturkan, “informasi tentang bahaya narkoba sangatlah penting untuk disampaikan kepada para siswa dan masyarakat sekitar sekolah, dengan harapan dapat mewujudkan sekolah berprestasi tanpa narkoba, sekaligus mencetak almamater yang sukses dikemudian hari dan bersih dari narkoba”.

Dengan harapan melalui penyuluhan bahaya narkoba ini dapat mendukung terciptanya lingkungan sekolah bersih narkoba, yang tentunya para pelajar dan masyarakat sekitarnya imun dari pengaruh jahat narkoba. (hendi/bnnk ciamis).

 

Komentar Anda

Belum ada Komentar

Login untuk mengirim komentar, atau Daftar untuk membuat akun, gratis dan proses nya hanya 2 menit.