Garuda Terbang Bebas Tanpa Narkoba

dedihumas bnn

9 years ago

post-19
post-19

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggandeng Garuda Indonesia sebagai maskapai terbaik milik Indonesia dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya nota kesepahaman antara BNN dan Garuda Indonesia, Selasa (22/9) di kantor BNN, Cawang, Jakarta. Nota kesepahaman ditandatangani secara langsung oleh Drs. Budi Waseso selaku Kepala BNN dan M. Arif Wibowo selaku Direktur Utama PT. Garuda Indonesia (Persero) TBK. Kedua belah pihak sepakat untuk saling bekerja sama dalam memerangi kejahatan Narkoba dan segala bentuk yang terkait dengan hal tersebut.

Beberapa hal yang menjadi poin dalam kesepakatan kerjasama diantaranya, pelaksanaan diseminasi informasi dan advokasi di bidang P4GN,  pelaksanaan pemeriksaan tes uji Narkoba, dan pembinaan dalam pembentukan kader anti penyalahgunaan Narkoba. Selain itu, kerja sama juga dilakukan dalam sosialisasi wajib lapor, pengawasan terhadap lalu lintas orang, barang, dan pos yang dicurigai melalui penerbangan domestik maupun internasional serta pelayanan jasa penerbangan. 

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan dalam rangka mewujudkan kebulatan tekad dan komitmen bersama dalam menyikapi kondisi darurat Narkoba. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Presiden Jokowi pada awal tahun 2015 yang lalu. Indonesia masuk dalam kategori kondisi darurat Narkoba berdasarkan dari hasil data penelitian yang telah dilakukan. Menurut penelitian BNN bersama Pusat Penelitian dan Kesehatan (Puslitkes) UI pada tahun 2015 angka prevalensi penyalahguna Narkoba di Indonesia telah mencapai angka 4 juta jiwa. Akibat dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika tersebut negara memikul kerugian sebesar 63,1 trilyun rupiah.

Oleh sebab itu, BNN berusaha menggandeng seluruh komponen dan lapisan masyarakat untuk mengatasi kondisi tersebut. Salah satunya yakni bekerja sama dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Garuda diharapkan dapat membantu pemerintah untuk mengurangi peredaran gelap atau penyelundupan Narkotika yang dilakukan melalui jalur udara.

Selain itu, kerja sama BNN dan Garuda Indonesia ini diharapkan mampu meningkatkan keselamatan penerbangan yakni dengan adanya tes uji Narkoba terhadap para pilot dan kru cabin dari Garuda. Sehingga para penumpang pun akan merasa aman dan nyaman untuk terbang bebas bersama Garuda tanpa Narkoba.

 

B/PR-113/IX/2015/HUMAS

Komentar Anda

Belum ada Komentar

Login untuk mengirim komentar, atau Daftar untuk membuat akun, gratis dan proses nya hanya 2 menit.