Pererat Kerja Sama Via Gathering LO Penegak Hukum Bidang Narkoba

dedihumas bnn

6 years ago

post-19
post-19

Kejahatan Narkoba merupakan salah satu kejahatan transnasional, maka dalam upaya pemberantasannya membutuhkan kerja sama lintas negara. Oleh karena itu pemerintah secara konsisten terus memelihara hubungan internasional baik dengan negara maupun badan internasional yang membidangi masalah penanggulangan narkoba.  

 

Sebagai salah satu upaya peningkatan kerja sama internasional, BNN melalui Direktorat Kerja Sama  Deputi Bidang Hukum dan Kerja Sama mengadakan kegiatan Law Enforcement Liaison Officer Gathering yang pesertanya terdiri dari beberapa negara termasuk perwakilan dari UNODC yang bekerjasama dengan BNN.

 

Kegiatan ini diselenggarakan  tanggal 7-9 Agustus 2018, di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Hukum dan Kerja Sama, Drs. Puji Sarwono. 

 

Dalam sambutannya ia berharap melalui gathering ini, hubungan kerja sama antar Atase Narkotika dan Atase Kepolisian negara-negara sahabat akan terjalin lebih erat.

 

Dalam agenda gathering hari pertama, peserta mengunjungi Rumah Sakit Jiwa Grhasia. RSJ ini   bekerja sama dengan BNN dalam hal penerimaan wajib lapor dan rehabilitasi. Di tempat ini, para peserta dijelaskan tentang proses rehabilitasi dari awal dilakukannya assesment sampai para pengguna selesai masa rehabilitasinya.

 

Setelah itu di akhir kegiatan hari pertama dilanjutkan dengan kunjungan ke Lapas Narkotika yang berada di belakang gedung RSJ Grhasia. Ka Lapas menyambut para peserta dan memberikan penjelasan mengenai Lapas khusus narkotika tersebut beserta fasilitasnya. Di samping itu para peserta dapat berinteraksi dengan warga binaan yang sedang menjalani hukumannya.

Komentar Anda

Belum ada Komentar

Login untuk mengirim komentar, atau Daftar untuk membuat akun, gratis dan proses nya hanya 2 menit.