Berita Terkini

Artikel Terkini

BNN Kabupaten Purbalingga Gelar Sosialisasi Program Rehabilitasi di SMP Negeri 1 Mrebet.

  • 3 weeks ago
  • 21
  • dedihumas bnn
#

BNN  Kabupaten  Purbalingga (29/9), Gelar Sosialisasi Program Rehabilitasi di SMP Negeri 1 Mrebet. Hadir sebagai narasumber Kasi Rehabilitasi, Wahyu Eni Pujihastuti yang didampingi oleh Konselor, Awan Pratama, S.IP dan Staf, Laela Agustin K, AMK.

Kegiatan Sosialisasi Program Pascarehabilitasi ini merupakan inisiasi dan permintaan dari pihak SMP Negeri 1 Mrebet. Perlu diketahui bahwa pada hari Kamis, 27 September 2018, Tim BNN Kabupaten Purbalingga melaksanakan kegiatan deteksi dini penyalahgunaan narkoba melalui pemeriksaan pupil mata terhadap 34 siswa dan cek urine terhadap 6 siswa. Pemeriksaan urine dilakukan terhadap siswa yang diindikasikan patut diduga rentan menyalahgunakan psikotropika maupun obat-obatan legal seperti obat batuk, obat flu maupun obat anti mabuk perjalanan yang digunakan melebihi dosis medis.

Meskipun hasil cek urine menyatakan negatif narkoba, namun mendasarkan pada pengakuan para siswa yakni maraknya penyalahgunaan obat-obatan legal seperti tersebut di atas, maka pihak sekolah menginisiasi kegiatan Sosialisasi Program Rehabilitasi ini.

Adapun kegiatan Sosialisasi Program Rehabilitasi ini diikuti oleh 34 orangtua/wali murid SMP Negeri 1 Mrebet. Dalam paparannya, Kasi Rehabilitasi menyampaikan bahwa pengakuan para siswa tersebut tentu tidak boleh dianggap angin lalu, oleh karenanya, diharapkan dari ke-34 siswa itu dapat menjalani program rehabilitasi.

Konselor Rehabilitasi Awan Pratama, S.IP, menambahkan, bahwa peran serta aktif antara orangtua, sekolah dan BNN, mutlak diperlukan dalam menangani permasalahan penyalahgunaan obat-obatan ini. Agar orangtua maupun pihak sekolah tak segan untuk segera menginformasikan kepada BNN jika menjumpai adanya indikasi penyalahgunaan psikotropika maupun obat-obatan, agar penanganannya dapat dilakukan sedini mungkin.

Dalam kegiatan ini, orangtua/wali murid sangat antusias dan menyatakan kesiapannya mendukung langkah BNN dalam upaya menyelamatkan generasi muda dari jerat narkoba. Dan Staf Rehabilitasi selaku tenaga medis menyampaikan bahwa pengakuan yang disampaikan oleh siswa merupakan langkah awal untuk memudahkan program rehabilitasi. Oleh karenanya, dukungan orangtua sangat diperlukan dalam hal ini.

 

Tanggapan Anda

Belum ada Komentar

Login untuk mengirim komentar, atau Daftar untuk membuat akun, gratis dan proses nya hanya 2 menit.

Login Akun DEDI
x

Login

Belum punya akun DEDI? Daftar sekarang hanya 1 menit saja

Login Menggunakan Akun Facebook Saya

Lupa Password