BNN Kota Lhokseumawe Melaksanakan Kegiatan Asistensi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba Kepada Kelompok Masyarakat

dedihumas bnn

6 years ago

post-19
post-19

Lhokseumawe (3/10) BNN Kota Lhokseumawe melaksanakan kegiatan  Asistensi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba kepada Kelompok Masyarakat bertempat di Hotel Diana Kota Lhokseumawe dari Pukul 08.00 s/d 13.00 WIB yang diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari Para Keuchik dan Tuha Peut Gampong di Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe.

Acara dibuka oleh Kepala BNN Kota Lhokseumawe Akbp Fakhrurrozi,SH sekaligus narasumber menyampaikan materi tentang Strategi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), dalam rangka menindak lanjuti Inpres No 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN tahun 2018 - 2019. Kepala BNN Kota Lhokseumawe membangun wawasan masyarakat mengajak aparatur Gampong para keuchik dan tuha peut serta jajarannya, dalam hal peran serta masyarakat untuk dapat mengambil langkah-langkah melalui kebijakan dan strategi di bidang P4GN yang di implementasi melalui Rencana Aksi yang dibiayai APBN dan APBD sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Keterbatasan sumber daya yang dimiliki negara juga menyebabkan BNN tidak dapat bekerja sendiri dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba di indonesia, oleh karena itu dibutuhkan peran aktif dari seluruh Komponen salah satunya masyarakat untuk ikut serta berperan aktif dalam upaya P4GN.

Pada Sesi lain Praktisi Sosiolog Dr. Nirzalin, M.Si menyampaikan materi paparan tentang Dampak Multidimensi Akibat Narkoba Secara Sosial, Aceh dalam konteks Nasional menjadi salah satu wilayah transit narkoba di indonesia, pasca konflik tidak banyak lapangan kerja sehingga tingginya angka pengangguran dan kemiskinan, ini menjadi problem sosial dan ekonomi terbesar sehingga narkoba menjadi bisnis prakmatis. Maka solusi yang harus di lakukan membangun ketahan ekonomi masyarakat secara kolektif. 

Pada sesi terakhir Sekretaris Dinas Pemberdyaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kota Lhokseumawe Bukhari, S.Sos, M.Si menyampaikan materi tentang Peran Aktif Masyarakat Dalam Upaya P4GN, melalui paparanya diharapkan aparatur gampong di wilayah kecamatan muara dua khususnya untuk berperan mendukung dengan menyusun rencana aksi nasional di bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) melalui kebijakan publik yang disusun melalui Rencana Anggaran Kerja Gampong.

Di akhir sesi seluruh peserta kegiatan Asistensi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba ikut memberi dukungan terhadap upaya yang akan dilakukan dalam hal rencana aksi nasional di bidang P4GN.

 

 

#stopnarkoba

#Humas bnn kota lhokseumawe

Komentar Anda

Belum ada Komentar

Login untuk mengirim komentar, atau Daftar untuk membuat akun, gratis dan proses nya hanya 2 menit.