Artikel Terkini

Berita Terkini

Militer Amerika Peduli Narkoba

  • 7 years ago
  • 2017
  • mankbudi
#

Militer Amerika Peduli Narkoba

Penyalahgunaan Narkoba di Amerika telah menjadi perhatian bersama, tak terkecuali dari kalangan militer. Pusat Militer di Fort Rucker, yang menjadi salah satu markas Angkatan Darat Amerika, ternyata memiliki unit khusus yang membidangi masalah penanggulangan Narkoba. Unit ini adalah Army Substance Abuse Program (ASAP).

Karena pendidikan dinilai sebagai  kunci untuk pencegahan, maka ASAP menggelar menggelar program pencegahan narkoba untuk kalangan pelajar dan anak muda, dengan nama Pekan Pita Merah atau Red Ribbon Week, yang biasa digelar secara rutin setiap tahunnya.

Dalam rangkaian kegiatan pekan pita merah ini, panitia membuat sesi penyuluhan untuk anak-anak sekolah dasar yang berada di Fort Rucker. Selain sesi kelas penyuluhan, panitian pekan pita merah juga  memberikan kesempatan pada anak-anak  sekolah dasar yang berada di lingkungan  markas Fort Rucker untuk menampilkan kreasi mereka untuk tampil dalam parade. Menurut panitia festival ini, program ASAP ini tujuannya untuk memberikan edukasi pada masyarakat yang berada di kawasan Fort Rucker ini.

Menurut Vicki Gilmer, kepala sekolah Fort Rucker, setiap tahunnya, pihak sekolah berkordinasi dengan asosiasi guru dan orang tua siswa dan para tokoh masyarakat agar mempromosikan gaya hidup sehat dan aman. “Pekan Pita Merah ini menjadi momen yang baik untuk mengajak anak-anak dan orang tua untuk mempromosikan gaya hidup sehat”, tegas Gilmer.

 Tema untuk tahun ini adalah “Bebas Dari Narkoba Tergangung Usaha Kita”. Untuk memeriahkan pekan pita merah ini, panitia juga menghadirkan aksi dari para anggota militer dan tim pemadam kebakaran untuk unjuk gigi menampilkan keterampilannya masing-masing.

Setiap tahunnya, pekan pita merah  telah menjadi ajang kebersamaan yang menarik bagi para siswa sekolah dasar. Kesempatan ini telah memberikan wahana bagi para siswa untuk lebih memahami tentang bahaya penyalahgunaan narkoba yang bisa saja mengancam mereka.  Gilmer pun berharap, kesadaran akan bahaya penyalahgunaan narkoba bukan menjadi tanggung jawab sekolah saja, namun  seluruh pihak.

Sementara itu, Kordinator Program Pengurangan Resiko ASAP, Denise Clark, mengatakan bahwa pekan pita merah ini adalah ksempatan berharga untuk para orang tua untuk bersama anak-anak mereka untuk bertukar pikiran tentang pentingnya pencegahan penyalahgunaan narkoba sejak dini. Para orang tua akan memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk memberikan pemahaman pada anaknya agar lebih kuat dalam membentengi diri dalam pergaulan. Karena, lanjut Clark, penyalahgunaan narkoba di kalangan anak-anak, atau remaja tak lepas dari bagaimana cara bergaul di lingkungan sebayanya.

Selain target sasaran anak SD yang berada di kawasan Fort Rucker, ASAP juga akan terus menekan angka penyalahgunaan narkoba melalui serangkaian kegiatan sosialiasasi khususnya untuk kalangan keluarga militer di kawasan markas Fork Rucker.


 

 

 

 

 

 

Tanggapan Anda

Belum ada Komentar

Login untuk mengirim komentar, atau Daftar untuk membuat akun, gratis dan proses nya hanya 2 menit.

Login Akun DEDI
x

Login

Belum punya akun DEDI? Daftar sekarang hanya 1 menit saja

Login Menggunakan Akun Facebook Saya

Lupa Password