Lindungi Kampus Dari Narkoba, Diawali Pelarangan Rokok

kukuh_ariwibowo

10 years ago

post-19
post-19

Berbagai upaya dilakukan Sekolah Bisnis Kwik Kian Gie dalam menjaga kampus agar tetap bersih narkoba. Hal ini sebagai wujud kepedulian mengingat narkoba merupakan masalah nasional yang harus diselesaikan.

Menurut Rektor Sekolah Bisnis Kwik Kian Gie, Anthony Budiawan, langkah pertama yang diterapkan kepada seluruh sivitas akademika ialah pelarangan merokok di dalam lingkungan kampus. Itu dikatakannya saat ditemui di kegiatan Pemberdayaan Perguruan Tinggi dalam P4GN bersama Badan Narkotika Nasional (BNN), di Jakarta, Kamis (28/8).

“Dasar awalnya sesuai Pergub DKI Jakarta, semua kampus di wilayahnya dilarang untuk bebas merokok, kami coba melaksanakannya secara efektif,” tandas Budiawan.

Apalagi ditambah selama ini banyak anggapan menilai merokok merupakan pintu masuknya penyalahgunaan narkoba, terangnya. Walaupun, sambung Budiawan, secara jumlah rata-rata tidak semua perokok aktif di Indonesia adalah pecandu narkoba.

“Namun itu tetap kami terapkan, selain sebagai arahan agar mahasiswa disiplin terhadap aturan, juga tindakan preventif menangkal narkoba,” paparnya.

Pola kedua yang dilakukan ialah rutinnya pemeriksaan di sekitar lingkungan kampus bersama satuan keamanan. Budiawan membeberkan, razia dilakukan ke ruang-ruang UKM dan Senat Mahasiswa Sekolah Bisnis Kwik Kian Gie.

“Kami periksa ruangannya dan tanyakan apa aktifitas mereka disitu,” pungkasnya.

Untuk ke depan, sambung Budiawan, pihak Sekolah Bisnis Kwik Kian Gie akan memasang CCTV di setiap sudut kampus. Tujuannya agar dapat memantau prilaku mahasiswa dari penyimpangan, termasuk membentengi dari penyalahgunaan narkoba.

Bila segala upaya tersebut telah dilaksanakan dan masih ada mahasiswa yang mengonsumsi narkoba, dirinya menuturkan tidak akan mentoleransi lagi. Sikap tegas akan diambil dengan mengelurakan oknum mahasiswa tersebut sesuai peraturan akademik di buku pedoman Sekolah Bisnis Kwik Kian Gie.

Sementara Analis Peran Serta Masyarakat BNN AKBP Maria Sorlury mengajak mahasiswa untuk berani menolak dan menanggulangi narkoba. Pada kesempatan ini ia menjelaskan segala aspek menghancurkan penyalahgunaan narkoba sehingga harus dihindari. (rilis/has)

 

Komentar Anda

Belum ada Komentar

Login untuk mengirim komentar, atau Daftar untuk membuat akun, gratis dan proses nya hanya 2 menit.