Faq Terkini

Apa yang di maksud dengan TEMBAKAU GANESHA?

  • 2 years ago
  • 695
  • dedihumas bnn
#

Peredaran sintetik cannabinoid yang dicampur dalam campuran tembakau sepertinya belum berhenti. Tahun 2015 dan 2016 yang lalu yang dicampurkan adalah FUB-AMB dengan nama kemasan jual yaitu tembakau “Hanoman” dan tembakau “Ganesha”, saat ini yang ditambahkan dalam campuran tembakau tersebut adalah 5-Fluoro ADB atau 5-fluoro-ADB (Methyl (R)-2-[1-(5-fluoropentyl)-1H-indazole-3-carboxamido]-3,3-dimethylbutanoate) yang juga merupakan golongan sintetik cannabinoid. Senayawa ini dideteksi pertama kali oleh Balai Lab Narkoba BNN dalam bentuk kemasan serbuk berwarna putih pada Oktober 2016. Namun pada bulan Januari tahun 2017 ternyata telah ditemukan dalam campuran tembakau dengan kemasan jual bernama tembakau “Ganesha”. Penggunaaan senyawa ini diketahui dapat menyebabkan asfiksia (gagal nafas), sianosis (kebiruan pada kulit), depresi, diare, dizziness (pusing), drowsiness (mengantuk), excitement (kesenangan), mual muntah, ruam, hingga kematian.

5F-ADB disebut-sebut sebagai salah satu senyawa sintetik cannabinoid yang paling berbahaya. Pada akhir tahun 2014, ditemukan 11 kasus kematian terkait zat ini, 10 diantaranya terjadi di Jepang. Satu dari kasus kematian di Jepang tersebut diteliti lebih lanjut. Korban adalah laki-laki berumur 34 tahun yang ditemukan tewas di kamarnya setelah mengkonsumsi rokok dari kemasan herbal “GM Sapphire” yang mengandung 5F-ADB dan MAB-CHMINACA karena asfiksia setelah mengalami aspirasi selama muntah. Keduanya merupakan senyawa sintetik cannabinioid dan bekerja secara  sinergi meningkatkan efek toksik sintetik cannabinoid pada pasien sehingga menyebabkan kematian dalam waktu singkat. Pada analisis jaringan tubuh post-mortem, 5F-ADB ditemukan pada dosis sangat rendah (1.17–7.95 ng/g) sehingga termasuk senyawa yang sangat poten dan oleh sebab itulah, 5F-ADB dikatakan lebih toksik daripada senyawa sintetik cannabinoid yang  ditemukan sebelumnya.

Website lab    : drugslaboratory@bnn.go.id

Fax lab          : (021) 80886555

Telephone    : (021) 80871566, (021) 80871567 ext. 237

Pustaka :

1. Hasegawa, Koutaro; Wurita, Amin; Minakata, Kayoko; Gonmori, Kunio; Yamagishi, Itaru; Nozawa, Hideki; Watanabe, Kanako; Suzuki, Osamu (2014). "Identification and quantitation of 5-fluoro-ADB, one of the most dangerous synthetic cannabinoids, in the stomach contents and solid tissues of a human cadaver and in some herbal products". Forensic Toxicology. 33: 112–121

2.  Hasegawa, Koutaro; Wurita, Amin; Minakata, Kayoko; Gonmori, Kunio; Yamagishi, Itaru; Nozawa, Hideki; Watanabe, Kanako; Suzuki, Osamu (2015). “Postmortem distribution of MAB-CHMINACA in body fluids and solid tissues of a human cadaver”. Forensic Toxicology.

3. Cayman Chemical : Safety Data Sheet 5-Fluoro ADB

Tanggapan Anda

Belum ada Komentar

Login untuk mengirim komentar, atau Daftar untuk membuat akun, gratis dan proses nya hanya 2 menit.

Login Akun DEDI
x

Login

Belum punya akun DEDI? Daftar sekarang hanya 1 menit saja

Login Menggunakan Akun Facebook Saya

Lupa Password