4-CHLOROMETHCATHINONE (Clephedrone)

dedihumas bnn

8 years ago

post-19
post-19
4-CHLOROMETHCATHINONE (Clephedrone)
Gambar
(a) Cairan warna biru mengandung 4-chloromethcathinone;
(b) Cairan warna coklat mengandung 4-chloromethcathinone;
(c) Cairan bening mengandung 4-chloromethcathinone;        
(d) Cairan warna kuning mengandung 4-chloromethcathinone
4-chloromethcathinone merupakan senyawa sintetik cathinone berbentuk kristal warna putih (banyak dalam bentuk bongkahan kristal besar), namun bentuk edarnya di Indonesia secara illegal adalah cairan berwarna biru dengan kemasan jual bernama “Blue Safir”.  Perkembangan selanjutnya tidak hanya berupa cairan berwarna biru, Balai Lab Narkoba BNN mengidentifikasi beberapa bentuk edar lainnya yaitu cairan warna coklat dalam kemasan merk “Blue safir” (b), cairan bening dalam kemasan botol warna hijau yang dijual di sebuah kafe dengan harga ratusan ribu rupiah untuk ±35 ml cairan saja (c), dan cairan warna kuning yang diletakkan dalam botol bekas kemasan capsul berisikan vitamin B kompleks dan B12 (d).
Senyawa 4-chloromethcathinone tersebut berbahaya bagi kesehatan karena mempunyai efek stimulan seperti halnya shabu. Pengguna akan merasakan euforia, merasa senang, percaya diri, semangat dan aktif, agresif, gelisah, pusing, panik, halusinasi, insomnia, bicara ngelantur, dilatasi pupil, mulut kering, meningkatnya tekanan darah, dan pada dosis lebih tinggi dapat menyebabkan kejang, stroke, hingga koma.
Tahun 2015, terdapat kasus percobaan bunuh diri pada laki-laki 38 tahun dengan riwayat epilepsi dan depresi yang mengkonsumsi AB-CHMINACA, AB-FUBINACA (sintetik cannabinoid) dan α-PHP, α-PVP, dan 4-chloromethcathinone (sintetik cathinone). Kelima zat tersebut dibeli dari pabrik narkoba di China melalui online. Kombinasi keduanya menyebabkan agitasi, gelisah, halusinasi, berkhayal, gangguan pergerakan, kejang, takikardia, dan hipertensi hingga pengguna mencoba untuk membunuh dirinya sendiri.
Pustaka:
1. Klavž, Janez; Gorenjak, Maksimiljan; MarinšekSuicide, Martin. “Suicide attempt with a mix of synthetic cannabinoids and synthetic cathinones: Case report of non-fatal intoxication with AB-CHMINACA, AB-FUBINACA, alpha-PHP, alpha-PVP and 4-CMC”. Forensic Science International (2016).
Website lab    : drugslaboratory@bnn.go.id

Komentar Anda

Belum ada Komentar

Login untuk mengirim komentar, atau Daftar untuk membuat akun, gratis dan proses nya hanya 2 menit.